Saat ini, ber-media sosial adalah kegiatan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Semakin lama kita semakin bergantung pada media sosial dan akan sangat rugi bila kita tidak memanfaatkan teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya. Media sosial tidak hanya digunakan sebagai alat unutk pertukaran pesan dan informasi, melainkan juga digunakan sebagai alat untuk berkampanye dan promosi.
Banyak yang berpromosi melalui media sosial karena memang efektif dan gratis. Biaya dikeluarkan hanya bila akan memasang iklan dan upgrade fitur-fitur lainnya. Untuk itu, media sosial adalah ajang untuk menciptakan citra diri. Branding adalah pandangan apa tentang kita yang ingin orang lain pikirkan. Bagaimana kita menampilkan image atau sisi positif melalui konten, caption, dan komentar-komentar kita di media sosial. Cara untuk memasarkan diri ke khalayak luas.
Beberapa manfaat dilakukannya branding melalui media sosial adalah :
Pengguna media sosial yang semakin hari semakin luas
Maksud dari pernyataan ini adalah dengan aktif memanfaatkan medsos kita akan mendapat relasi yang luas karena nantinya kita dapat terhubung dengan orang-orang yang memiiki kebutuhan. tujuan dan minat yang sama.
Membangun Kepercayaan
Bila ingin dipercaya banyak orang maka kita perlu memiliki bukti nyata bahwa kita adalah orang yang professional. Salah satu media penyebaran dokumentasi-dokumentasi tersebut adalah media sosial. Kita dapat menunjukkan keterampilan dan kelebihan-kelebihan yang kita miliki serta progress dalam memperbaiki hal-hal yang kurang tepat. Audience akan menyukai bila kita transparansi proses-proses tersebut.
Namun meski begitu, satu hal yang tidak boleh luput adalah menjadi diri sendiri. Jangan hanya menunjukkan sisi baik di depan kamera namun juga di kehidupan nyata.
SMA Wahid Hasyim 4 Waru bersama dengan tiga orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo bekerja sama untuk mengembangkan media sosial sekolah. Media sosial yang dituju adalah instagram dan website sekolah. Tentunya, tidak lepas dari bantuan anggota OSIS SMA Wahid Hasyim 4 Waru karena merekalah yang akan mengoperasikan akun official media sosial instagram dan website dimana tugas ini akan diturunkan untuk anggota OSIS di periode berikutnya. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, media sosial sekolah SMA Wahid Hasyim 4 Waru akan semakin berkembang baik dari yang sebelumnya.
Penulis : Aulia Maharani